PERKEMBANGAN ZAMAN "Playstation"

PERKEMBANGAN PLAYSTATION DARI ZAMAN KE ZAMAN

PERKEMBANGAN PLAYSTATION DARI ZAMAN KE ZAMAN
By: Holy Angel
0971650007
UAS Jurnalistik Online

Kecanggihan Teknologi di dunia dari zaman ke zaman semakin berkembang. Banyak juga terlihat hasil dari perkembangan teknologi tersebut.  Dengan kemajuan ini membuat manusia banyak melakukan perkembangan atau bahkan membuat suatu hal yang berbeda dari yang sudah ada, contohnya seperti televisi, gadget bahkan video game pun ikut berkembang.
Berbicara perkembangan video game, salah satu video game yang sangat berkembang dengan pesat dan banyak pula peminatnya adalah Playstation. Playstation tersebut ialah video game yang berasal dari negara jepang. Playstation ini dikeluarkan atau di produksi oleh Sony sebagai konsol permainan grafis era 32-bit. Playstation merupakan game konsol perintis pertama kali menggunakan CD sebagai media penyimpanan.
Playstation pertama kali diproduksi oleh sony pada tahun 1990. Playstation diluncukan perdana di Jepang pada 3 Desember 1994, di Amerika Serikat 9 September 1995 dan Eropa 29 September 1995.
Generasi playstation semakin  meningkat dengan kemajuan dan perkembangan yang ada. Setelah sony mengeluarkan Playstation pertamanya, kini sony semakin berkembang dengan memproduksi playstation 2 dan ke- 3.
Playstation pertama diliris pada tahun 1993 dengan merombak ulang konsep. Playstation tidak lagi menggunakan catridge port SNES. Mata optik merupakan kelemahan utama dari game konsol playstation tersebut. Playstation memiliki grafis yang lebih baik dibandingkan game konsol lainnya pada saat itu.

Gambar PS 1.



Setelah playstation pertama berkembang dan banyak peminatnya, sony lalu mengeluarkan konsol video game keduanya yaitu Playstation 2. Dimana perbedaana antara Playstation pertama dan kedua sangatlah terlihat dengan jelas. Dari segi gambar dan grafisnya pun berbeda.Gambar terlihat lebih hidupdan cerah. Sama halnya dengan playstation pertama, playstation ke-2 pun banyak diserbu peminat karena kecerahan dan semakin canggihnya playstation ke-2 dibandingn pertama.

Gambar PS2



Playstation 3 adalah konsol Sony generasi ke-3. Playstation ke-3 ini merupakan penerus dari playstation pertama dan ke-2. Teknologi terbaru yang digunakan adalah cell processor-nya, tipe prosesor yang benar-benar dioptimalkan untuk melakukan operasi floating point. Berbeda dengan prosesor desktop pada umumnya, kemampuan cell processor PlayStation 3 untuk melakukan operasi floating point sangat baik. Kemampuan cell processor untuk melakukan operasi floating point sangat baik karena cell processor merupakan arsitektur vector processor. Bahkan prosesor yang digunakan pada PlayStation 3 ini merupakan prosesor yang tercanggih saat ini. Selain itu GPU dibuat sendiri oleh Sony yang bekerjasama dengan NVidiaPerbedaan dari playstation pertama, kedua dan ketiga sangatlah jelas. Pada playstation ke-3 harus menggunakan televisi yang ada HDMI, berbeda dengan playstation sebelumnya yang dapat mengguunakan televisi apa saja. Kecerahaan dan grafis pada playstation 3 ini sangat bagus dan terlihat lebih nyata.

Gambar PS3




Video game ini sangatlah menarik perhatian dan minat yang bukan hanya dikalangan anak-anak dan remaja saja, namun dewasa pun banyak yang menyukai video game konsol ini. Meskipun harga video game konsol ini cukup menguras kocek, namun para pencinta video game tidaklah mempermasalahkannya demi mendapatkan playstation tersebut. 

SUMBER

Comments

Popular Posts